Thursday, September 2, 2010

TRANSISTOR MOSFET

               Transistor MOSFET seperti JFET, transistor MOSFET (Metal oxide FET) memiliki drain, source dan gate. Namun perbezaannya gate terisolasi oleh suatu bahan oksida. Gate diperbuat daripada bahan metal seperti aluminium. Oleh karana itu transistor ini dinamakan metal-oxide. Selalunya jenis transistor ini disebut juga IGFET yaitu insulated-gate FET.
Ada dua jenis MOSFET, yang pertama jenis depletion-mode dan yang kedua jenis enhancement-mode.  Jenis MOSFET yang kedua adalah komponen utama dari gerbang logika dalam bentuk IC (integrated circuit), uC (micro controller) dan uP (micro processor) iaitu komponen utama dari komputer modern pada hari ini.


MOSFET Depletion-mode 
Gambar berikut menunjukkan struktur dari transistor jenis ini. Pada sebuah kanal semikonduktor tipe n terdapat semikonduktor tipe p dengan menyisakan sedikit celah. Dengan demikian diharapkan elektron akan mengalir dari source menuju drain melalui celah sempit ini. Gate terbuat dari metal (seperti aluminium) dan terisolasi oleh bahan oksida tipis SiO2 yang tidak lain adalah kaca.

Gambar 1 : struktur MOSFET depletion-mode





No comments:

Post a Comment